Pedapatan Tambahan Yang Bisa Menjadi Pendapatan Utama Yaitu Streamer Gaming

Dalam era digital saat ini, banyak pendapatan atau pundi-pundi uang yang bisa orang-orang dapatkan, tidak terbatas dengan pekerjaan offline atau yang orang normal lakukan seperti bekerja di kantor, para streamer atau bisa di bilang influencer marketing yang sekarang menjadi salah satu perhitungan bisnis baru sejak era digital online. ini beberapa platform stream yang bisa di bilang pendapatan-nya tidak sedikit :

  1. Youtube

Youtube sudah tidak asing lagi untuk mayoritas orang mengenal platform ini, dimana para anak muda jaman sekarang banyak menghabiskan waktu mereka di Youtube. Youtube sendiri menjadi platform nonton atau streaming online baik live maupun tidak, pengguna youtube di seluruh dunia sudah mencapai 2 miliyar lebih, bisa dapat di pastikan ads atau iklan yang di dapat oleh youtube bukan nominal yang kecil, dimana youtube menjadi pasar pengiklan global dengan target yang cukup baik. dari data sepanjang tahun 2019 pendapat stream youtube terbesar mencapai 233 miliar rupiah, yang di duduki oleh stream bernama Ninja (Tyler Blevins).

2. Twitch

Twitch mungkin platform ini sedikit asing untuk beberapa orang awam, apa lagi mereka tidak bermain gim online. Twitch sedikit berbeda dalam memberikan penghasilan streamer nya, dimana twitch memberikan “gaji” pada para streamer melalui subscribe, jumlah streamer serta donasi dari para user yang menonton stremer favorit. Game e-sport juga tambah semakin booming sehingga user yang mengetahui platform twitch bertambah, Twich sendiri sempat disebut dalam film Ready Player One besutan director terkenal steven spielberg. sedangkan pendapatan Twich terbesar 2019 kemarin di pegang oleh streamer TimTheTatman yang bermain game Fornite, dimana Tim berhasil meraup pundi-pundi 110 miliar rupiah dari live stream Twitch.

3. Facebook

Salah satu social media platform yang sudah tidak asing lagi yaitu facebok, juga iktu nyemplung kedalam trand streaming. walaupun begitu facebook bisa di bilang menjadi pemain baru dalam era digital streaming. Dimana Facebook pada awal nya bukan lah fokus pada platform pemutaran video seperti youtube dan twitch, walaupun begitu sejak 2019 facebook memberikan pendapatan atau penawaran yang cukup baik untuk para streamer, dimana mereka dapat melakukan promote ke user facebook yang bisa di bilang no 1 di dunia dalam segi social media, untuk menonton para streamer saat melakukan streaming. serta pembayaran Facebook kepada streamer cukup besar dimana 1$ usd untuk 100 orang, dan 4,99$ usd perbulan untuk subscribe para streamer, ini membuat pola pembayaran mereka untuk streamer sedikit mirip dengan Twitch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *